REFRENSI SEPUTAR BURUNG BERKICAU

REFRENSI SEPUTAR BURUNG BERKICAU
www.info-kicau.blogspot.com

JENIS-JENIS BURUNG POKSAY

Jenis burung poksay lokal yang ada di Indonesia saat ini berjumlah 5 jenis, yaitu burung poksay sumatera, burung poksay kuda, burung poksay hitam, burung poksay mantel (medan) dan burung poksay genting. Dari kelima burung poksay tersebut yang paling banyak diminati oleh kalangan pecinta burung hanyalah 3 jenis saja, yaitu burung poksay sumatera, mantel dan genting. Pada kesempatan kali ini, maaf saya hanya bisa membahas 3 jenis burung tersebut. selengkapnya berikut dibawah, semoga bermanfaat dan silahkan jika berkenan bantuannya untuk share di sosial media facebook, twitter, google plus dll :)
Jenis Burung Poksay Mantel (Medan)
Burung ini memiliki nama lantin Garrulaz palliatus, ciri-ciri dari burung poksay mantel atau biasa orang menyebutnya dengan burung poksay medan ini memiliki bulu di bagian sayap dan ekor berwarna rada coklat ke orange-orangean, dan pada bagian kepala sama dada ke abu hitaman.
Burung poksay mantel memiliki postur tubuh yang hampir sama antara burung poksay betina dan jantan, sedangkan untuk jenis kicaunya burung poksay ini memiliki ciri khas kicau yang sangat lantang dan kencang, sehingga tidak cocok jika digantang berdekatan dengan burung murai, karena sangat dikawatirkan jika nanti burung murainya kaget.

Jenis Burung Poksay Genting (Mandarin)

 Burung poksay mandarin atau dengan nama latin Garrulax Mitratus ini mempunyai ciri warna bulu dibagian kepala ada orange kekuning-kuningan dan pada bagian pinggir sayap terdapat bulu berwarna putih.
Jenis Burung Poksay Sumatera
Burung poksay sumatera atau dengan nama latin Garrulax bicolor ini adalah jenis burung poksay yang nyentrik karena burung poksay ini memiliki jambul dikepalanya tapi hanya sedikit. Anda jangan sampai ketipu untuk memilih poksay sumatera dan poksay jambul, karena kedua burung ini sangat mirip, untuk melihat perbedaannya secara detail, bisa lihat di foto berikut bawah ini.


Baca Juga Artikel Terkait: Jenis-jenis Burung Murai Batu

0 comments:

Trending Topik